Resep Masakan Lebaran | Makanan Lebaran | Membuat Ketupat enak dan legit


Kali ini blog ktsp-rpp-silabus.blogspot.com ingin mencoba berbagi Resep Masakan Lebaran, Makanan Lebaran Membuat, Ketupat enak dan legit.

http://3.bp.blogspot.com/_QH_4aziRrx4/SOWMBYgC3HI/AAAAAAAAAOk/PjREVWietxE/s400/ketupat-opened.jpg

Resep ketupat Lebaran :

Bahan-Bahan :

1. selongsong anyaman ketupat daun janur = 12 buah

2. air bersih = secukupnya

3. beras = 0.5 kg / 500 gram


Cara Memasak ketupat Lebaran :

1. Cuci beras dengan air bersih. Rendam selama 2 jam lalu tiriskan.
2. Masukkan beras ke dalam selongsongan anyaman janur sampai 2/3 bagian bungkus ketupat lalu tutup dengan baik dan rapat.

3. Masak ketupat mentah tadi ke dalam air mendidih dalam kondisi terendam air mendidih selama 4 sampai 6 jam hingga tanak. Tambahkan air jika air dalam panci menyusut / berkurang.

4. Setelah matang angkat, tiriskan dan letakkan di tempat kering, tunggu hingga dingin.

5. Ketika dihidangkan, belah ketupat lalu potong-potong dadu ukuran besar. Campurkan dengan sayur atau bumbu sesuai selera anda.

Tips ketupat yang enak:

- ketupat tahan selama dua hingga tiga hari jika disimpan dengan baik atau dimasukkan ke dalam lemari es.

- Gunakan anyaman janur yang rapat dan bagus kondisinya agar tidak timbul noda coklat pada ketupat .

Resep Ketupat Lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama.

Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat yg pasti berhasil. Ini adalah rangkuman sharing teman2 di milis (www.ibujempol.com) . Moga bermanfaat.



Ketupat lebaran enak dan legit

Ketupat Lebaran enak dan legit


Tips-nya adalah sbb:

- Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Rendam beras beberapa saat (kira2 30 menit), lalu isi ke dalam sarung ketupat sampai 3/4 penuh.

- Untuk menghemat waktu, masukkan calon ketupat ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Kalau calon ketupat direndam sejak airnya dingin, waktu yang diperlukan untuk merebus bisa mencapai 3 jam, tapi dengan cara ini cukup 1,5 atau 2 jam saja (tergantung banyaknya ketupat).

Catatan: ketupat harus terendam di dalam air. Sekali2 tambahkan air mendidih bila air di panci sudah berkurang.

- Begitu diangkat dari rebusan, segera guyur ketupat dengan air bersih yang dingin (langsung di bawah keran air) untuk menghilangkan sisa2 air rebusan, lalu gantung dan ‘angin2kan’ sampai dingin. Sisa2 air rebusan ini yang biasanya bikin ketupat cepat basi.


Tips lainnya : Pertama saya mencuci berasnya dengan air kapur sirih, kemudian dibilas sampai bersih, ditaburi sedikit garam lalu diaduk rata. Kemudian diisikan setengah penuh ke cangkang ketupat/ lontong seperti pada umumnya. Tujuan di cuci dengan air kapur sirih ini menurut Ibunda, agar ketupat/ lontongnya gempi/kenyal.


Untuk membuat lontong, tipsnya pada waktu membuat cangkang lontong, sisi daun yang berwarna hijau diletakkan di sebelah dalam, ini agar warna lontong waktu di iris cantik hijau muda. Untuk merebusnya, pada dasar panci besar untuk merebus tadi, saya meletakkan berlembar-lembar daun pandan, agar ketupat/lontong berbau

wangi pandan dan tidak gosong untuk ketupat yang berada paling bawah. Lama merebus, 6 jam dengan api kecil, dalam kondisi air selalu berada pada titik didih, serta ketupat/lontong selalu terendam air mendidih.

Kemudian angkat dan tiriskan/gantung. Ketupat/lontong akan berbau wangi, diiris hijau cantik, gempi/kenyal, dan rasanya gurih. Demikian semoga berguna.


Tips dari teman lain : Isi ketupat kurang lebih setengah dari sarangnya(kelontongan ketupat), cara memasak rebus dengan air mendidih sampai semua tenggelam, dan jika air mulai habis ditambah lagi dengan air panas.

Kemudian ketupat diangkat untuk narik talinya supaya kenceng agar ketupatnya tidak merekah selanjudnya rebus kembali dengan air mendidih yang baru. Jadi direbus dua kali.

Memasak menggunakan arang atau tidak tidak ada pengaruhnya.


Ketupat:

* Siapakan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan.


* Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.

* Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulitnye terisi beras.

* Susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar. Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.

* Angkat ketupat dan tiriskan lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin


Lontong:* Untuk membuat lontong pertama siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Lap hingga bersih dan kering. Potong-potong berukuran sekitar 30×20cm.

*Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.

*Siapkan lidi untuk menyemat, bisa dibuat dari lidi daun kelapa.

* Gulung 2 lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder. (Ini supaya lontong berwarna hijau). Semat salah satu ujungnya dengan lidi.


* Isi contong/gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar ½ tinggi gulungan lalu semat ujung yang satu dengan lidi.

* Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri.

* Tuangi air hingga lontong terendam, Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusannya.

* Masak dengan api sedang selama 2 jam, jika air berkurang tambahkan air panas. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal.

* Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri dan angin-anginkan hingga dingin


Jika ingin cara lebih praktis bisa mengikuti langkah berikut ini:


* Masak beras yang sudah direndam dengan air secukupnya hingga menjadi aronan (nasi setengah masak). Banyaknya air sekitar 2 cm dari permukaan beras.

* Bungkus tiap 3-4 sdm aronan beras dengan daun pisang hingga berbentuk silinder lalu semat kedua sisinya dengan lidi.

* Selanjutnya masak lontong seperti biasa di dalam panci tinggi hingga matang sekitar 1 jam.


* Jika ada bisa dipakai panci bertekanan atau pressure cooker. Masukkan lontong dalam panci ini dan beri air hingga terendam.

* Masak lontong selama 30 menit, dihitung sejak panci berdesis.


Resep Dendeng Balado :

Bahan:

600 g daging sapi tanpa lemak/has dalam, potong tipis melebar

Minyak untuk menggoreng


Bumbu:

10 butir bawang merah, iris halus

15 buah cabe merah, tumbuk kasar

4 lembar daun jeruk purut

2 sdm air jeruk nipis

1 sdt garam halus


Cara Membuat Dendeng balado:

1. Bumbui potongan daging dengan ½ sdt garam dan air jeruk nipis, aduk sambil di remas-remas. Jemur daging hingga setengah kering. Goreng daging hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan.

2. Panaskan 4 sdm minyak, tumis bawang merah dan cabe merah hingga harum. Masukkan potongan daging, daun jeruk dan garam. Masak hingga bumbu meresap. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.


Sumber : www.ibujempol.com




0 Response to "Resep Masakan Lebaran | Makanan Lebaran | Membuat Ketupat enak dan legit"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung !
Silahkan berkomentar dengan menyertakan nama atau URL anda :