Imbas Krisis Ekonomi Yunani‎ | Pengaruh Dampak Krisis Yunani Terhadap Perekonomian Indonesia

Waspadai Imbas Krisis Ekonomi Yunani‎ | Pengaruh Dampak Krisis Yunani terhadap Perekonomian Indonesia



http://www.seputarforex.com/berita/photo/krisis_yunani_picu_dollar_as_menguat_15395.jpeg
Akhir-akhir dunia di kagetkan dengan Krisis Ekonomi yang melandaYunani. Negara kita indonesia pun terkena imbasnya berikut berita yang kami kutip dari beberapa portal berita online ternama di Indonesia.

Waspadai Imbas Krisis Ekonomi Yunani

JAKARTA--MI: Krisis ekonomi Yunani harus diwaspadai berimbas ke dalam negeri. Wakil Presiden Boediono dengan seksama mengamati pasar finansial dunia yang pekan lalu bergejolak akibat krisis Eropa.

"Kita bersyukur gejolak finansial reda. Negara-negara Eropa membailout Yunani. Namun situasi ini jangan sampai membuat terlena karena situasi ini apapun bisa terjadi," kata Juru Bicara Wapres Boediono Yopie Hidayat di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (11/5).

Menurut Yopie, Wapres bersyukur ada bailout kepada Yunani untuk membuat pasar lebih tenang. Sebab krisis ini dinilai lebih besar daripada krisis 2008 saat Lehman Bothers bangkrut.

Alasan krisis Yunani, diakui Yopie, sebagai salah satu alasan Wapres Boediono membatalkan kunjungannya ke Arab Saudi dan Iran pada 13 April-18 April mendatang. Menurut Yopie, Wapres ingin fokus pada penyelesaian masalah-masalah di dalam negeri.

Sebelumnya Wapres dihadapan para pengusaha kawasan industri menyatakan krisis ekonomi yang meledak 2008 ekornya masih ada dan belum usai.

Ia menilai, beberapa waktu terakhir ini goncangan krisis terasa lagi. Sebab dengan adanya globalisasi, krisis bisa merembet ke negara lain.

"Kita dalam satu kapal, sedangkan laut di (Eropa) sana masih bergejolak. Kita tidak tahu berapa lama (krisis), setahun dua tahun Kita yang berada di satu kapal jangan sampai oleng karena kesalahan kita sendiri di satu kapal," kata Wapres.

Meski pemerintah bersyukur Indonesia bisa melewati krisis besar 2008, dan pertumbuhan ekononomi dengan baik. Tetapi untuk menjaga dari krisis, kebersamaan perlu kita laksanakan.

Sumber Berita : http://www.mediaindonesia.com/



INILAH.COM, Jakarta - Krisis ekonomi Yunani dinilai berdampak kecil terhadap Indonesia. Hal ini didukung oleh fundamental makro ekonomi Indonesia yang dinilai cukup baik.

Analis PT BNI Securities, Asti Pohan di Jakarta Senin (10/5). "Ekonomi Indonesia secara makro masih sangat bagus. Investor mencari negara yang mencatatkan pertumbuhan positif dan salah satunya Indonesia," ujar Asti.

Ia menuturkan krisis ekonomi Yunani berdampak kecil terhadap fundamental ekonomi Indonesia. Sedangkan krisis ekonomi berdampak ke saham berkaitan dengan efek psikologis investor. Krisis ekonomi memberikan sentimen negatif terhadap bursa saham pada pekan lalu.

Dengan demikian, investor masih akan tetap berinvestasi di Indonesia. GDP Indonesia dicatatkan sebesar 5,7%. Pada awal pekan ini IHSG akan kembali naik. Hal ini dipicu pengaruh global karena Uni Eropa memberikan tambahan dana talangan kepada Yunani sebesar 100 miliar Euro. "Dana bailout Euro tersebut memberikan sentimen positif ke bursa karena krisis ekonomi Yunani akan terkendali," ujar Asti.

Untuk itu, dana asing yang keluar dari Indonesia dinilai wajar karena hot money yang mudah masuk dan mudah keluar. Pelaku pasar merealisasikan keuntungannya, tapi pelaku pasar akan kembali lagi. Jadi dapat diperkirakan bila IHSG turun menuju level 2.700 maka indeks saham berpotensi kembali turun. [hid]


0 Response to "Imbas Krisis Ekonomi Yunani‎ | Pengaruh Dampak Krisis Yunani Terhadap Perekonomian Indonesia"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung !
Silahkan berkomentar dengan menyertakan nama atau URL anda :