Gempa Ujung Kulon Banten Berkekuatan 6,4 SR | Gempa Terasa di Jakarta

a
Sumber : www.detik.com
Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang berpusat di sebelah barat Ujung Kulon, Banten menyebabkan beberapa rumah rusak. Di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, 6 rumah dan 1 sekolah mengalami retak-retak.

"6 rumah penduduk retak dan jebol. Ada juga SMA 16 Sumur 3 ruangannya retak," kata Kapolsek Sumur AKP M Yusuf kepada detikcom, Jumat (16/10/2009).

Kecamatan Sumur adalah daerah paling dekat dengan Ujung Kulon. Lokasinya paling ujung dari Kabupaten Pandeglang.

Menurut Yusuf, getaran gempa sangat terasa sekali di Kecamatan Sumur. Saat kejadian, warga banyak yang panik dan berhamburan ke luar rumah untuk mencari tempat perlindungan.

"Tapi mereka akhirnya kembali tenang ke rumahnya masing-masing," ungkapnya.

Yusuf menjelaskan, hingga saat ini pihak kepolisian belum mendapat laporan tentang adanya korban akibat gempa. "Nihil, mudah-mudahan tidak ada," tandasnya.

Sebelumnya, gempa 6,4 SR terjadi di sebelah barat Ujung Kulon, Banten. Gempa ini terasa hingga Jakarta, Bandung, Bogor hingga Sukabumi.

Sumber : www.detik.com
Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang berpusat di Ujung Kulon, Banten, sempat membuat warga di Kecamatan Sumur, Ujung Kulon panik. Bahkan saat terjadi gempa, warga yang sedang berjalan kaki di wilayah itu banyak yang berjatuhan.

"Saya dan beberapa warga yang mau pulang ke rumah sempat terjatuh akibat gempa. Kami merasakan goncangan yang kuat selama sekitar 1 menit," jelas warga Tamanjaya, Sumur, Ujung Kulon, Kamaludin saat dihubungi detikcom, Jumat (16/10/2009).

Namun Kamaludin mengaku di desanya tidak ada kerusakan berarti akibat gempa
tersebut. Hanya beberapa rumah warga yang mengalami retak-retak.

Sementara Endang, warga Cibaliung, Sumur, saat dihubungi detikcom mengatakan, gempa yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB tersebut, mengakibatkan banyak rumah yang tak beratap karena gentingnya ambrol ke tanah.

"Genting rumah di desa kami banyak yang ambrol. Saat ini saya sedang membereskan sambil jaga-jaga rumah," jelas Endang yang menjabat sebagai Ketua Persatuan Guru Repubik Indonesia (PGRI) Kecamatan Sumur.


Sumber : www.okezone.com
JAKARTA - Getaran gempa yang terasa hingga kawasan Jakarta ternyata berpusat di Ujung Kulon, Provinsi Banten. Gempa tersebut berkekuatan 6,4 skala Richter. Gempa itu terasa hampir di semua gedung bertingkat di Ibukota.

Seperti dikutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (16/10/2009) gempa tersebut berkedalaman 10 kilometer dan berpusat di 6.79 LS-105.11 BT (42 km barat laut Ujung Kulon-Jabar). Karena dangkal, sehingga menyebabkan getaran yang cukup terasa di sekitar wilayah gempa.

Gempa juga sempat terasa di Jakarta 2 September silam akibat pusat gempa yang berpusat di Tasikmalaya, berkekuatan 7,3 skala Richter.



0 Response to "Gempa Ujung Kulon Banten Berkekuatan 6,4 SR | Gempa Terasa di Jakarta"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung !
Silahkan berkomentar dengan menyertakan nama atau URL anda :